10 Tips Dekorasi Kamar Ukuran Kecil

Kamar setiap rumah pasti berbeda-beda sesuai dengan ukuran rumah pastinya. Bagi rumah yang besar pasti punya kamar yang besar dan luas, pastinya mudah untuk menatanya agar nyaman ketika kita beristirahat. Tapi bagaimana yang punya rumah biasa-biasa saja dan kamar yang kecil. Tenang meskipun kecil dan sederhana, asal ditata dan dirawat dengan baik, kita pasti bisa merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Supaya kamar tidak terkesan sempit, ada 10 tips dekorasi kamar kecil yang bisa Anda coba:

  1. Pilih warna yang Netral untuk dinding

Ketika tidur, pasti yang kita butuhkan adalah ketenangan dan kenyamanan. Salah satu cara untuk menciptakan kesan nyaman adalah dengan memilih warna dinding di kamar tidur. Putih dianggap sebagai warna yang paling menenangkan. Selain itu, warna putih juga membuat ruangan menjadi tampak lebih luas.

Selain warna putih, kamu juga bisa pakai warna-warna pastel, seperti cream, biru muda atau pink lembut. Pilih salah satu warna saja untuk menjadi warna dasar yang dominan di dalam ruangan kamar tidur. Terlalu banyak menggunakan warna justru bisa membuat kamar terasa sumpek dan sempit.

Jika kamu mau kamarmu tidak terlihat terlalu polos, itu bisa diatur. Gunakan saja wallpaper untuk dinding kamar. Tetapi, lakukan hal itu di salah satu sisi dinding, bukan di seluruh dinding kamar. Kamu juga bisa menempelkan wallpaper berupa stiker sebagai hiasan.

  1. Gunakan Furnitur yang Fungsional

Furnitur yang fungsional adalah furnitur yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan bisa sekaligus mempercantik ruangan. Contohnya pemilihan rak. Ada rak yang berbentuk meja, ada pula yang bisa ditempel di dinding. Kamu bisa menempelkan sebuah rak yang bisa berfungsi sekaligus untuk mempercantik ruangan. Letakkanlah barang-barangmu dengan rapi di rak tersebut dan bersihkan secara berkala. Dengan begitu, kamu bisa menghemat tempat dan kamar juga akan terkesan rapi.

  1. Pemilihan dan Penempatan Tempat Tidur

Biasanya kebanyakan akan orang lebih nyaman ketika menggunakan ranjang yang besar dan luas. Tetapi, itu tidak bisa digunakan pada kamar tidur yang berukuran kecil. Maka dari itu, kamu bisa pilih sebuah tempat tidur yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar alias sedang-sedang saja.

Jangan gunakan ranjang yang memiliki banyak ormamen. Seperti ukiran kayu jati, itu justru akan membuat kamar terkesan sempit. Pilihlah ranjang yang pada bagian bawahnya terlihat kosong, itu akan membuat kamar terlihat lebih luas.

Kamu juga bisa pakai ranjang yang dapat dibuka tutup. Jadi ketika siang dan tidak dipergunakan, ranjang bisa ditutup kembali. Dengan begitu, kamar tidur juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya tanpa harus terganggu oleh ranjang.

Jika kamar tersebut di tempati 2 orang atau lebih, kamu bisa juga menggunakan ranjang tingkat. Supaya tidak terkesan sempit, manfaatkanlah ruang kosong bawah ranjang tingkat untuk lemari. Ini sesuai dengan konsep pemanfaatan ruang yang efektif.

Kamu juga perlu melihat apakah menempatkan ranjang di sisi kamar akan lebih baik ketimbang di tengah ruangan. Dengan menempelkan ranjang di sisi dinding, kamu bisa menghemat ruang di tengah sehingga bisa menggunakannya untuk bergerak.

  1. Jangan Gunakan Terlalu Banyak Bantal

Biasa kita senang meletakkan banyak bantal di ranjang. Selain untuk menyangga kepala, bantal ini juga sering menjadi bagian dekorasi. Tekadang, jumlahnya melebihi kebutuhan kamar tersebut.

Menempatkan terlalu banyak bantal di kamar justru membuat kamar terkesan sempit, karena bantal-bantal itu pasti memakan ruang yang ada. Kamu bisa pilih bantal yang paling kamu suka, satu atau dua saja.

  1. Pencahayaan Yang Baik

Meskipun digunakan untuk tidur, bukan berarti pencahayaan di kamar tidak dibutuhkan. Pencahayaan pada kamar baik siang maupun malam hari juga diperlukan untuk membuat kamr terasa nyaman.

Jendela yang terbuka setiap hari tentu akan membuat suasana di dalam kamar terasa lebih segar. Pada malam hari, kamu bisa menggunakan lampu-lampu gantung yang cukup terang. Ketika tidur, gunakanlah lampu tidur yang bisa ditempatkan di pinggir ranjang agar membuat kesan rileks ketika anda tidur.

  1. Tata Barang Secara Vertikal

Karena kamar yang sempit, pasti untuk meletakkan barang atau rak akan terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menyusun barang secara vertikal. Ini akan memberikan kesan ruangan akan terasa lebih luas.

Kamu bisa gunakan rak yang tinggi dan raming. Jangan gunakan rak yang pendek dan lebar, hal ini justru akan membuat kamar terkesan makin sempit dan terasa sumpek.

  1. Gunakan Pintu Geser

Model pintu kamar tidur juga mempengaruhi terciptanya kesan luas. Jika kamu ingin mendapatkan kesan yang luas, kamu bisa gunakan pintu geser. Dengan demikian ruangan tidak akan terasa sepit karena termakan daun pintu.

  1. Gunakan Furnitur Yang Minimalis

Mungkin kamu yang ingin menggunakan kamr tidur sebagai tempat untuk belajar atau bekerja. Sebaiknya kamu harus teliti dalam memilih meja dan kursi.

Sebaiknya kamu gunakan meja dan kursi yang memiliki kaki-kaki yang ramping. Jika kamu gunakan meja dan kursi yang tebal malah akan membuat kamar terasa sempit adn sumpek. Pastinya malah membuat kamu tidak nyaman dan kosentrasi ketika belajar atau bekerja.

  1. Pilih Corak Sprei dan Selimut yang Kalem

Selain ukuran ranjang, corak sprei dan selimut juga berpengaruh apakah kamar terkesan luas atau tidak. Jika selimut tebal, berjumbai  dan memiliki banyak corak, malah memunculkan kesan yang sempit.

Sebaiknya, gunakanlah sprei dan selimut yang tidak telalu tipis, juga tidak telalu tebal. Untuk coraknya, kamu bisa menggunakan sprei dengan warna-warna yang netral dan cerah. Kamu juga bisa menggunakan warna-warna ceria pada sarung bantal.

  1. Gunakan Cermin

Kamu bisa memanfaatkan cermin untuk mendapatkan kesan luas. Karena cermin juga menjadi properti wajib bagi orang-orang yang bekerja di bidang formal sehingga harus berangkat dalam kondisi rapi.

Pilihlah jenis cermin yang tidak memiliki terlalu banyak ornamen di sekitarnya. Kamu bisa pakai cermin dengan ukuran memanjang, untuk menadapat efek yang lebih baik.

Share Artikel :

Satu tanggapan pada “10 Tips Dekorasi Kamar Ukuran Kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *